Wednesday, January 9, 2019

DIY Matchbook Notebook (+ Free Printable)


Di postingan sebelumnya, saya menulis pengalaman mengirim Gift Mail untuk kali pertama, dan matchbook notebook menjadi salah satu item hadiah yang saya buat. Saya juga bilang di situ betapa mudah dan menyenangkannya bikin DIY yang satu ini. Kali ini, saya akan kasih tahu lebih lengkapnya.

Pertama, DIY ini eco-friendly dan nyaris zero waste karena bisa memanfaatkan barang bekas. Di sini saya hanya pakai bahan-bahan yang sudah ada, bahkan kover matchbook-nya ada yang saya buat dari map bekas yang sudah tidak terpakai. Kedua, langkah membuatnya memang gampang banget. Kalau sudah terbiasa, bisa saja lima menit langsung jadi. Apalagi di sini saya juga akan sertakan template printable-nya, jadi kamu tinggal cetak lalu jiplak polanya di atas kertas yang diinginkan dan copy sebanyak mungkin! Ketiga, bagian kovernya bisa dihias dengan tema, bentuk, dan pernak-pernik apa saja, mulai dari stiker yang tinggal tempel sampai doodle a la bujo yang hits. Tinggal sesuaikan dengan aesthetic-mu :D


Dan percayalah, sekalinya membuat, kamu akan ketagihan saking gampang dan lucunya. You cannot go wrong with this. Catatan kecil seperti ini juga dapat berguna bagi pembuatnya (dan penerimanya, karena kamu sudah buat banyak dan langsung berkeinginan untuk membagikannya!) sebagai catatan to-do list, idea book on-the-go, atau malah buku telepon? (masih ada yang pakai buku telepon nggak, sih?) Saya akhirnya buat dua versi, yaitu yang seukuran matchbook aslinya dan yang seukuran telapak tangan untuk medium menulis yang lebih besar. Setelah tutorialnya, di bawah nanti kamu bisa temukan tautan untuk mengunduh file printable-nya. Barangkali inilah adiksi DIY baru kamu! :)

Alat dan Bahan:


Kertas bekas map dan kertas concorde untuk kover
Kertas HVS A4 untuk kertas isi
Penggaris
Pensil dan penghapus
Gunting
Staples
Tidak tampak di gambar tapi dipakai:
Gel pen/drawing pen untuk menghias
Hiasan lain (pita, kertas berwarna, dll)

Cara membuat:

MINI VERSION


Lightweight, handy, and super cute, ukuran ini mengingatkan saya akan bungkus permen, haha. Apalagi kalau warna-warni. Meski begitu, isinya tetap nyaman untuk ditulisi. Keunggulan dari ukuran ini adalah kamu bisa pakai kertas tipis untuk kovernya. Kover yang tebal justru akan menyulitkan saat ditutup.

Si kecil yang gunanya besar
1. Siapkan kertas untuk kovernya, lalu gambar persegi panjang berukuran 6 x 10 cm di atasnya. Batasi dengan titik/garis pada bagian yang akan dilipat dengan ukuran yang sama seperti yang dicontohkan foto di atas.

2. Gunting pola yang sudah dibuat.

3. Lipat kertas kover sesuai tandanya.

4. Siapkan kertas HVS untuk isi notebook-nya. Lipat kertas HVS menjadi dua bagian sama rata, kemudian lipat dua kembali, lalu lipat dua lagi sampai lima kali (lihat foto untuk lebih jelasnya). Sehingga ketika dibuka, kita akan mendapatkan 32 kotak berukuran sama (sekitar 5 x 4 cm).

5. Potong setengah bagian dari kertas HVS-nya, sehingga kita hanya mengambil 16 kotak. Gunting kotak-kotak 5 x 4 cm itu menjadi 16 lembar kertas isi. Dengan begitu, satu lembar kertas HVS bisa digunakan untuk isi dua notebook.

6. Selipkan kertas isi pada kertas kover seperti di foto, kemudian rekatkan dengan staples/hekter. Pastikan men-staples-nya tidak terlalu bawah juga tidak terlalu atas, agar kover masih bisa menutup dan kertas isi tetap menempel.

7. Tutup notebook dengan cara menyelipkan kertas kover yang tidak distaples ke bawah kertas yang distaples. Pastikan kovernya dapat menutup rapi.

8. Hias bagian kover sesuai keinginan. Di sini saya menuliskan faux calligraphy menggunakan gel pen dan menambahkan pita chiffon merah.

PALM-SIZED VERSION


Buat saya, ukuran notebook ini termasuk ideal untuk buku catatan kecil karena mudah dibawa tapi tetap bisa diisi dengan tulisan besar dan jelas. Cocok untuk menulis daftar atau hal kecil penting lain yang harus dicatat sesegera mungkin. This also makes a great souvenir! Bisa pula jadi craft project seru untuk anak-anak, karena ada latihan motorik halusnya.

Seukuran telapak tangan, sempurna untuk yang mobilitasnya tinggi

1. Buat kover berukuran 9 x 13 cm pada kertas yang diinginkan, kemudian tandai bagian yang akan dilipat seperti yang dicontohkan foto di atas.

2. Gunting pola kover yang sudah jadi.

3. Lipat sesuai tandanya. Jika memakai kertas bekas yang ada noda/bekas lainnya, abaikan. Nanti bisa ditutupi dengan hiasan. Jika posisinya di dalam seperti ini, biarkan saja karena akan tertutup.

4. Untuk kertas isinya, lipat kertas HVS menjadi dua bagian, lalu lipat dua lagi sampai empat kali (lihat gambar). Bentangkan kertas sehingga kita bisa lihat garis lipatan yang membentuk 16 kotak berukuran kira-kira 8 x 5 cm.

5. Gunting semua kotak lalu tumpuk rapi jadi satu. Jika kertas HVS-nya agak lecek seperti yang ada di foto, tidak usah khawatir karena ketika sudah dipotong bagian leceknya tidak akan terlihat.

6. Rekatkan kertas isi pada kover menggunakan staples.

7. Tutup kover notebook dengan menyelipkannya. Rapikan dan tajamkan lipatan kovernya sambil melakukan tahap ini.

8. Hias kover sesuai selera. Di sini saya menempelkan torn colored paper dan menggambar doodle botanical di atasnya.

Kalau dari foto-foto saja belum bisa meyakinkanmu betapa mudahnya tutorial ini, langsung saja coba sendiri! :D Biar lebih mudah lagi, terutama jika kamu berencana membuatnya dalam jumlah banyak, berikut adalah tautan free printable untuk pola dua versi ini ditambah petunjuk penggunaan dan inspirasi bahan untuk kertas kover dan hiasan. Kalau sudah mengunduh dan menggunakannya, boleh banget kasih tahu saya di kolom komentar!

DOWNLOAD MATCHBOOK NOTEBOOK FREE PRINTABLE

Selain bagian depan, bagian belakang kover juga bisa dihias sesuka hati












Bagaimana, sudah 'teracuni' untuk ikut membuatnya? :P Saya harap kamu juga bersenang-senang dengan DIY ini seperti saat saya melakukannya (dan saat saya menuliskan postingan ini juga). Opsi untuk bahan-bahannya sangat serbaguna dan tidak terbatas, jadi jika kamu punya stok kertas spectra, kertas kado, karton manila, manik-manik, glitter pen... dan sedang ingin berprakarya sesuatu, ambil alat-alatnya segera dan bersiaplah membuat kejutan manis untuk orang-orang tersayang :)

Juga, sepertinya akan lebih menyenangkan lagi jika kamu membuatnya bersama teman atau saudara, atau justru saling bertukar matchbook notebook buatan sendiri ;) ah, begitu banyak ide yang bisa didapat dari DIY ini. Mudah-mudahan selanjutnya ada lagi barang handmade yang membuat saya bersemangat seperti ini, hehe. Sudah ada idenya sih, tapi kita lihat saja nanti. Semoga suka dan bermanfaat, ya! Selamat berswakriya...

No comments:

Post a Comment