Tuesday, July 17, 2018

DIY Indo: Undangan Printable (Freebies!)


Dari dulu saya ingin membuat tutorial yang printable di blog ini. Pernah satu kali di blog guru (waktu masih mengajar) saya posting free printable template rumah dan sekolah 3D dari kertas untuk project anak-anak. Waktu masih riset-riset tentang wedding sebelum nikah (karena sekarang juga suka), saya menemukan banyak undangan printable yang gratis di-download dengan desain yang nggak kalah sama pesan di percetakan. Lalu saya berpikir, kayaknya kalau bikin satu saja yang berbahasa Indonesia, bisa kali, ya :P

DIY undangan, atau stationery pada umumnya, menjadi salah satu trik menghemat pengeluaran pernikahan yang sudah dipraktikkan banyak brides termasuk saya. Undangan pernikahan saya dan suami didesain saya, lalu disempurnakan adik yang lebih jago (plus dialihbahasakan) dan dicetak mandiri dengan printer pinjaman saudara (big thanks to them lah pokoknya!). Saya pribadi tertarik mencetak undangan sendiri setelah melihat free printables itu. Rasanya simpel banget, aesthetic, nggak neko-neko, cocok dengan konsep nikahan kami yang low-key dan santai. Kalau kamu juga berencana punya nikahan yang semi- atau non-tradisional dan ingin ada sentuhan DIY tanpa ribet, yuk simak tutorial kali ini :D

Sedikit saran untuk yang ingin mencetak undangannya sendiri: perhatikan jumlah tamu yang akan diundang. Biasanya percetakan punya batas minimum yang besar (misalnya 1000 eks) sedangkan tamu kita nanti hanya 300, nah DIY undangan bisa jadi salah satu solusinya. Atau pilih percetakan yang batas minimumnya rendah. Atau... kalau sudah fixed memesan di percetakan, DIY undangan ini bisa jadi e-invite untuk disebar di grup chat atau sosial media.

Saya memakai warna dominan peach dan sage bergaya santai dan sederhana. Beberapa kondangan yang saya datangi memakai setidaknya warna peach atau hijau pupus seperti ini, jadi saya pikir ini akan cocok untuk banyak calon pengantin. Ukurannya kurang lebih 14 x 19 cm. Bahasanya dibuat singkat dan umum, tapi nanti bisa ditambah pembuka. Oh ya, saya pakai font 'Give It Your Heart' dari Vanessa Bays (teks utama) dan 'Xiomara' dari Lauren Thompson (nama bride dan groom). Kedua font itu termasuk free for personal use ya, jadi undangan ini bukan untuk dijual lagi! Postingan ini murni gratisan.


N.B. Nama calon pengantin saya ambil dari nama tokoh di novel saya, 28 Detik (kalau ada yang ngeh, bonus poin untuk kamu! :D).

Alat dan bahan:

Template undangan dan font (unduh di sini)
Software Adobe Photoshop CS (saya pakai CS5)

Cara membuat:

1. Unduh template lalu ekstrak file-nya. Kamu akan dapat satu file berformat .psd dan dua free font yang masih dalam bentuk .zip. Ekstrak juga file font-nya.
2. Instal font. Jika belum tahu caranya, silakan baca postingan ini (skip langkah ini jika sudah punya font-nya di komputer kamu).
3. Setelah instal font berhasil, buka file psd-nya. Kamu akan menemui tampilan yang kurang lebih seperti gambar di bawah ini.


4. Lihat tool bar yang ada di sebelah kiri layar, lalu pilih Horizontal Type Tool (atau CTRL + T).


5. Ubah nama calon pengantin perempuan dengan klik di bagian namanya, hapus, kemudian ketik lagi dengan nama yang diinginkan.


Setelah diganti, tampilannya akan seperti ini.


6. Jika kamu perhatikan gambar pertama di langkah nomor 5, di pojok kanan ada tab layers. Semua yang ada di grup 'Editable texts' adalah yang bisa kamu ubah. Bisa dilihat ada pembuka, nama calon pengantin wanita dan pria, nama keluarga, dan lain-lain. Caranya sama dengan langkah 5, tinggal klik di teks yang ingin kamu ubah atau klik layer-nya.


Jika mau menambahkan salam atau pembuka, kamu bisa ketik teks seperti Assalamu'alaikum dan Bismillahirrahmanirrahim. Kalau tidak, tinggal hapus saja.


7. Setelah semua informasi sudah diganti, simpan sebagai gambar .jpg dengan cara klik File > Save As > pilih format .jpg/.jpeg. Sebarkan sebagai e-invite atau cetak di kertas ukuran A4 (bisa memuat dua lembar undangan).

Selesai! Tinggal umumkan hari bahagiamu kepada keluarga dan teman-teman :) Bisa sekalian juga bikin amplopnya jika mau dan niat hehe.

Sedikit tip untuk penulisan bulan: karena contohnya pakai bulan Juli yang hanya empat huruf, bisa jadi ketika mengetik Agustus atau September bentuk teksnya akan terlihat kurang seimbang karena terlalu panjang. Kamu bisa mengetiknya menjadi singkatan, seperti Feb dan Mar, atau ubah jadi format angka misalnya 12/08/2018, atau kecilkan ukuran font-nya.

Mudah-mudahan freebies ini berguna, ya. Let me know if you downloaded and made it! Jika ada pertanyaan tentang file atau langkah-langkah mengeditnya, bisa langsung layangkan di kotak komentar. Beri juga pendapat kamu tentang desainnya ya, baru pertama kali nih bikin file printable, hehe. Dan sudah lama juga nggak mainan sotosop kayak begini lagi (software yang satu itu sudah bikin saya susah move on ke aplikasi editing lain).

No comments:

Post a Comment