Monday, July 2, 2018

DIY Celestial Headband


Biasanya saya termasuk orang yang suka aksesoris besar dan 'lantang.' Sebagian besar DIY aksesoris saya adalah statement jewelry, flower crown juga lebih suka yang bunganya besar. Namun ketika saya melihat beberapa headband bertema celestial yang dainty (contoh: Time-Lapse Headband dari BHLDN dan Celestial Coronet-nya Jennifer Behr), saya jadi pengin bikin versi DIY-nya yang tentunya lebih terjangkau, hehe. Meski bintangnya kecil-kecil, this headband speaks volume dan tetap terkesan 'pesta' tanpa terlihat seperti kostum.

Terinspirasi dari dua contoh celestial headband di atas dan tutorial dari ...Love, Maegan, inilah celestial headband versi saya. Saya pribadi senang dengan hasilnya, dan mau bagaimanapun juga ternyata saya memang belum bisa lepas dari statement jewelry, haha. Perpaduan gold dan silver adalah salah satu favorit saya karena menampilkan kontras dalam satu tema. Saya juga suka kesan whimsical dari kawatnya yang tidak rapi. Saya bisa bayangkan memakai ini dengan rok tulle dan jaket jins, menambah whimsical factor di outfit yang kasual. Namun, headband ini juga bisa dipadupadankan dengan dress formal seperti prom dress. Dipakai ke star party juga oke. Kalau wedding? Ternyata setelah saya baca-baca, celestial wedding adalah tren paling hangat di tahun 2018! Dipakai di atas drop veil? Kenapa nggak? Asal pastikan semua bintangnya terpasang dan headband-nya tidak geser-geser di kepala, hehe.

Perlu diingat, meski mudah, proses pembuatan headband ini memerlukan kesabaran agar hasilnya bisa intact dan wearable. Kombinasi lain juga bisa dilakukan, misalnya menambahkan bulan atau mengganti dengan bunga warna emas dan perak. You choose!


Alat dan bahan:


Kawat craft tipis warna emas (dibelikan Emak saya di Pasbar Bandung)
Lem adesif serbaguna (saya pakai merek UHU)
Manik/sequin bintang warna perak dan emas
Tang untuk craft (memotong + menutup kawat)
Pita chiffon warna putih gading

Dipakai tapi tidak ada di gambar: gunting
Ada di gambar tapi tidak dipakai: sequin bunga

Cara membuat:

1. Ambil lima buah kawat dan kumpulkan sejajar. Ukur kumpulan kawat di kepala, tandai hingga sebatas belakang telinga, lalu pelintir kawat sisanya hingga ujung.
2. Setelah kawat selesai dipelintir, ikat kawat hingga batas belakang telinga tadi sampai sekencangnya. Rapatkan ikatan dengan tang ujung bergerigi.


3.  Kawat yang sudah diikat akan tampak seperti gambar di bawah. Sekarang kita punya lima baris kawat sebagai rangka untuk diisi dengan manik bintang. Lebarkan kawat rangka headband agar mudah saat menyusun bintangnya.

 rangka untuk menyusun manik bintang

4. Di ruangan berventilasi, beri manik bintang sedikit lem adesif (hati-hati saat mengaplikasikannya) lalu tempelkan di atas rangka headband. Tidak usah terlalu rapi, sedikit berantakan dan acak justru membuat headband ini menjadi lebih menyerupai orbit dan rasi bintang. Have fun while doing this, but remember to get your hands away from the glue. Lakukan langkah ini dengan sabar. Setelah semua bintang ditempel, biarkan kering selama beberapa jam.

Lem UHU adalah lem yang kuat, tapi jika sebelum kering sudah 'diganggu', maka lemnya pun akan jadi kurang menempel. Jadi sekali lagi, sabar :)


5. Kita masih punya sisa kawat yang dipelintir. Untuk membuat band-nya, potong kawat menggunakan tang pemotong (yang ujungnya pendek) hingga batas ikatan (di foto, saya belum potong lebih pendek).
6. Lem bagian ikatan dengan lem adesif, lalu lilit pita chiffon sampai menutupi ikatan itu. Please take your time while doing this. Buat berlapis-lapis liitan pada satu tempat, lakukan secara pelan-pelan. Sampai di ujung ikatan, ukur pita secukupnya lalu gunting.
7. Lakukan langkah 6 pada ikatan kawat satunya.


Selesai! Now wear your celestial headband! Bisa di atas dahi atau justru mendekati kening untuk kesan boho chic. Cocok banget dipadukan dengan hair updo dan wearable di atas kerudung. Headband ini akan memberikan sentuhan tema bintang tanpa terlalu mencolok. Just the right amount of whimsy.


Semoga bisa jadi inspirasi, ya. Barangkali sedang butuh aksesoris untuk hari spesial bertema bintang, atau langit malam, atau astronomi? Siapa tahu, hehe. Berhubung suasana blog ini masih memakai tema wedding, kamu bisa cek celestial wedding theme yang segar banget, heitz banget, DIY-able banget, dan tentunya bikin auto-pin di Pinterest :D

Selamat ber-swakriya!

4 comments:

  1. Replies
    1. Di toko yang biasa menjual bahan aksesoris, kalau yang ini dari Pasar Baru Bandung. Pesan online juga bisa, cari "craft wire" atau "kawat aksesoris." Semoga membantu ^^

      Delete
  2. Kalau pesan yang udah kakak bikin bisa gak ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mau coba DIY dulu, nih? Hehe. Seru, loh. Sebetulnya tutorial ini niatnya buat blog saja, tapi kalau ada yang mau lebih ditanyakan lagi, bisa balas di sini atau silakan lewat e-mail. Ada ikon mail-nya di side bar 😄

      Delete