Friday, July 27, 2018

DIY Delicate Earrings + Mismatched Ideas


Haha, iya, iya. Dari judulnya saja sudah tidak konsisten begini. Habis saya bingung, karena kalau cuma disebut mismatched earrings kemungkinannya bakal terlalu banyak. Namun kalau kita cari di Google "DIY Mismatched Earrings" kita akan jaraaang menemukan tutorialnya, hanya ideas to make it. Jadi saya kasih dua judul saja, yang intinya ini DIY anting. Hehe.

Dan inilah yang menjadi kebingungan selanjutnya. Saya bahkan nggak pakai anting! Lalu kenapa saya bikin anting? Pertama, saya masih dalam serious DIY kick yang berhubungan dengan aksesoris simpel, tapi stand out. Kedua, untuk itulah saya tertarik dengan tren yang lagi muncul kembali sekarang, yaitu anting yang tak berpasangan (terima kasih, Meghan Markle!). Ketiga, dari dulu sebetulnya saya punya suplai rangka anting ini... dan sudah lama pula saya ingin menggunakan kembali bebatuan dari kalung (gelang?) yang warnanya unik ini: iridescent pink yang kadang berubah ungu tergantung cahaya. Bentuknya yang kecil dan asimetris juga cocok banget kalau dibuat aksesoris dainty. Jadi deh, anting--yang sepertinya tidak akan saya pakai--ini.

Lantas, kalau nggak dipakai, buat apa? Nah, tutorial ini bisa juga sebagai latihan basic jewelry making karena kita akan membuka ring, memutus rantai, membengkokkan kawat, menjaga level kesabaran... pokoknya pas buat project akhir pekan. Juga, kalau punya kenalan yang suka pakai anting dan sebentar lagi ulang tahun... boleh banget dijadikan kado. Buatan sendiri pula, nggak akan ditemui di toko mana pun :D

Mungkin, misalnya kamu hanya suka salah satu modelnya dan tidak ingin gaya mismatched, kamu tetap bisa membuat sepasang dari salah satunya, atau mengganti warnanya jadi gold atau rose gold, atau membuat segitiganya lebih besar dan menambahnya... it's up to you.

Alat dan bahan:


Tang khusus craft (yang ujungnya pipih--untuk memadatkan, dan yang ujungnya pendek--untuk memotong kawat/rantai)
Rangka anting, 2 buah (beli di Pasbar as always)
Chip beads ukuran kecil (saya ambil dari bekas kalung/gelang, lupa. Bisa diganti dengan jenis beads lain asalkan ukurannya kecil, tapi masih lebih besar sedikit dari separate/caviar beads alias manik emas yang kecil-kecil)
Rantai kecil untuk gelang
Eye pin atau paku sambung, 2 buah (biasanya kawat ini dijual dengan ukuran yang sama, mempermudah proses pembuatan karena tidak perlu dipotong lagi)
Tidak tampak di foto tetapi dipakai: head pin atau paku manik, 1 buah

Cara membuat:

ANTING MODEL 1

1. Ambil eye pin lalu jepit dengan tang pipih di bagian sepertiganya.
2. Bengkokkan kawatnya hingga membentuk sudut kira-kira 45 derajat.


3. Masukkan chip beads ke dalam eye pin yang sudah dibengkokkan kira-kira empat buah (bisa lebih banyak/sedikit, tergantung ukuran beads).


4.  Bengkokkan kembali kawat hingga menutup dan membentuk segitiga. Rapatkan ujungnya agar lebih rapi (P.S. look how iridescent the beads are!).


5.  Buka pengait pada rangka anting menggunakan tang yang sama, kemudian masukkan ke dalam pengait di segitiga eye pin yang baru saja kita buat.


Selesai model 1.

ANTING MODEL 2


1. Ini dia foto head pin yang tidak ada di foto Alat dan Bahan. Masukkan dua buah chip beads ke dalam head pin sampai ke ujungnya.


2. Bengkokkan kawat sisa head pin hingga membentuk loop untuk dikaitkan.


3. Buat segitiga eye pin (minus beads) seperti di Anting model 1, lalu kaitkan dengan head pin yang sudah diisi chip beads. Tampilannya akan seperti ini, yaitu chip beads terlihat menggantung di tengah-tengah segitiga.


4. Potong rantai sepanjang kira-kira 5-6 sentimeter dengan tang pemotong.


5. Kaitkan rantai pada loop di head pin, lalu tutup loop itu dengan tang ujung pipih sampai rapat.


6. Terakhir, kaitkan rangka anting seperti pada langkah di Anting 1.


Model 2, selesai! Wear it with confidence.

Kalau diukur tangan, kira-kira sebesar ini.

Karena saya berkerudung, mungkin saya akan coba pakai yang model 2 dan dikaitkan ke kain alih-alih telinga. Eh, bisa nggak, sih? Haha. Kalau sudah dicoba, saya akan posting fotonya di sini, deh. Namun kalau belum, berarti masih saya simpan saja, menunggu 'jodohnya' nanti (barangkali ada teman yang ingin saya kasih kado anting ini. Hehe).

Semoga langkah-langkah dan fotonya jelas ya, karena saat menulis ini saya sempat berpikir, bakal bingung nggak ya, yang nanti baca? Jadi kalau kamu sudah mencobanya dan berhasil, boleh kasih tahu saya, ya! Hasilnya memang nggak akan sesempurna itu (termasuk bikinan saya ini) tapi ketidaksempurnaan adalah kunci dalam ber-DIY. Karena dari situ kita akan ngulik lagi dan belajar lagi. Selamat mengulik dan belajar :)

No comments:

Post a Comment