Thursday, December 20, 2018

Inspo: Red Lips Makeup Look


Oh, wow, sekarang sudah Desember! Bagaimana 2018 kamu? Mudah-mudahan selalu ada yang disyukuri, ya :) Dan tetap bisa menyempatkan waktu untuk bersantai dan berkarya, hehe.

Mengambil jeda dari rangkaian postingan wedding, saya yang dua tahun belakangan ini sedang senang makeup akhirnya memutuskan untuk menulis tentang inspirasi makeup look. Meski jelas saya jauh dari kata beauty guru, tapi berhubung saya lihat rasanya sedikit sekali postingan bertema inspo di sini, akhirnya saya membuat empat look menggunakan lipstik merah dalam berbagai shade (dan produk lokal!). Jadi ini bukan tutorial, melainkan ide yang diharapkan bisa membantu jika kamu sedang mencari padanan untuk makeup look menggunakan lipstik merah yang wearable, mudah untuk pemula, dan beda dari klasik wing liner + blue-based red lips combo.

Selain itu, kayaknya postingan yang bersinggungan dengan makeup/skincare baru satu, ya? Yaitu DIY lip balm yang juga salah satu tugas kuliah dulu. Lumayan kan ya, nambah-nambah postingan haha. Oh ya, sepertinya juga DIY wedding series masih berlanjut karena masih ada yang belum saya masukkan di sini, pun saya ingin memisahkan antara DIY tutorial yang benar-benar untuk wedding atau sekadar stationary/jewelry/decoration biasa, atau bisa masuk keduanya (tapi sebetulnya apa pun yang dirasa pantas bisa masuk DIY wedding, sih. Tuh kan, bingung -_-). Pokoknya untuk sekarang kita masuk saja ke red lips look dulu, deh. Langsung saja...


Look ini terinspirasi dari satu iklan beauty class bertema 'Bold Red Lips Korena Makeup' yang saya lihat di Instagram. Selama ini saya selalu melihat tutorial Korean makeup yang dibuat beauty vlogger Indonesia mengambil dan menerjemahkan K-beauty look sebagai 1) blush-on demam 2) ombre lips 3) dewy skin dan 4) aegyo sal. Entah saya yang kurang perbendaharaan video Korean makeup tutorial atau bagaimana, tapi setidaknya itu yang saya rasakan. Dan, saya rasa saya kurang cocok menjadi imut-imut seperti itu haha. Jadi sekalipun saya adaptasi look-nya, saya cuma menyesuaikan di glowy skin look dan ombre lips yang tidak terlalu pucat.

Jadi... ketika saya melihat iklan itu, saya langsung berpikir ini konsep yang segar banget! Alis yang cenderung lurus dipadukan glass skin dan shimmery eyeshadow, lalu bam, red lips! Saya membayangkan look ini cocok dipakai ke pesta malam hari untuk yang biasa ber-makeup natural. Atau juga di siang hari, karena tidak terlalu bold. Sementara untuk mendapatkan dewy/glass skin-nya, kamu bisa lihat tutorialnya di sini. Warna merah yang saya sarankan adalah strawberry/tomato/cherry red, karena selain membuat tampilan jadi lebih pop-up dan masih wearable, warna-warna itu cocok dipadukan dengan peach-coral eyes, the go-to Korean eyeshadow colors.

Lipstik yang saya pakai: Mizzu Valipcious Matte Lip Cream dalam shade 'On Fire' ditambah sedikit Emina Sugar Rush Lipstick dalam shade 'Maroon Macaron' di bagian tengah bibir

I actually liked how it turned out! Rasanya ini satu dari sedikit Korean Makeup yang nyaman dipakai di wajah saya yang tidak imut ini, haha.


Oke, saya paham. Tidak semua orang berani atau suka dengan lipstik merah gelap begini, tapi kalau kamu salah satunya seperti saya, rock it, girl! Saya sukaaa sekali warna burgundy-wine dari Make Over Intense Matte Lip Cream ini, dan sebetulnya kalau untuk daily saya biasa mengaplikasikannya dengan cara ombre yang sedikit dibaur alias feathered. Dan itu bikin tampilan warna wine-nya jadi lebih terlihat stained. And it's sooo beautiful *_*

Nah, berhubung formula lip cream ini buildable, untuk menghindari warna yang terlalu pekat sehingga tampak ungu kehitaman, saya memakainya dalam lapisan tipis, jadi sebelum diulas ke bibir saya sisihkan dulu kelebihan lip cream-nya di mulut botol. Dan berhubung ini lipstik warna gelap, pakainya juga hati-hati agar tidak mbleber. Syukurlah Make Over ini tidak cepat kering, sehingga saya bisa mengatur kerapiannya dengan cara merapatkan kedua bibir, lalu meratakan warnanya. Saya padukan dengan eye makeup netral sedikit smoky (warna coklat matte di crease untuk transisi dan lower lashline, warna light shimmer di lid, dan warna highlight di inner corner). Oh, jangan lupa sapukan sedikiiit blush warna burgundy-mauve yang intens (saya pakai LA Girl Just Blush dalam shade 'Just Fearless') agar wajah tidak terlihat wash-out.

Lipstik yang saya pakai: Make Over Intense Matte Lip Cream dalam shade 'Vogue'

Look ini bisa dipakai di acara malam, juga bagus dipadukan baik dengan complexion base yang matte maupun dewy, karena lipstiknya memiliki hasil akhir matte. Pretty versatile for a night-out ;)
 
 
Lagi, tidak semua orang suka dengan lipstik creamy atau tampilan glossy seperti ini. Namun saya yakin, seiring tren lip gloss kembali naik, akan banyak yang akhirnya mencari kenyamanan creamy lipstick atau lip gloss daripada ketahanbantingan matte lip cream. Jadi, saya masukkan opsi ini, selain karena saya juga suka dengan look bibir yang gelap tapi glossy. Kesannya modern sekaligus throwback tapi dalam arti yang baik. Warna dark cherry ini juga salah satu warna yang oke banget dalam bentuk glossy! Berhubung saya tidak punya lip gloss dengan warna ini, saya pakai creamy lipstick yang diaplikasikan berlapis-lapis hehe.

Simpel saja--agar warna lipstik yang sudah cantik ini menjadi pusat utama dari keseluruhan look, untuk eyeshadow-nya saya hanya pakai gabungan dari warna cool-toned mauve dengan blush warna pink-peach brown di kelopak mata, seolah hanya sebagai sapuan satu warna. Blush yang sama juga ditaruh di pipi sekalian membaurkan bronzer agar ada keseragaman tone. Saya pribadi sih, puas dengan hasil akhirnya. Warna lipstik merah ini juga tidak begitu gelap seperti di look 2, jadi kalau berani pakai di siang hari juga oke, kok :D

Lipstik yang saya pakai: Emina Sugar Rush Lipstick dalam shade 'Cherry Bomb'

Buat yang punya mata lentik, kayaknya look ini bakal kelihatan cantik banget di kamu! (saya sih, masih harus mengandalkan maskara dan penjepit bulu mata ^^")


Kini kita kembali ke merah yang biasa atau middleground, jadi tidak nge-jreng juga tidak pekat seperti dua lipstik sebelumnya. Lebih tepatnya ini merah terakota yang sering menjadi favorit dan cocok digunakan untuk semua warna kulit. Pokoknya, merah aman.

Karena sifatnya yang aman inilah, jika dipakai ke acara khusus, jadi sangat pas digabungkan dengan eye makeup yang cukup dramatis tapi tetap simpel seperti pink shimmery shadow ini. Saya pakai satu shade saja, yaitu 'Pitter Patter' dari Colourpop 'All I See Is Magic' palette. Saya sengaja membentuknya semacam cat eye kemudian membaurkan garis tepinya agar tidak tampak kasar. Ternyata kombinasi pink eyeshadow + red lips ini lumayan populer dan banyak contohnya, loh! Dan bisa dipakai untuk hari dandan khusus, misalnya ke kondangan, tidak hanya terbatas di atas red carpet atau catwalk. Kuncinya agar bisa wearable, selain pemilihan warna pink dan merahnya, adalah tidak membubuhkan blush. Cukup contouring yang lumayan tegas.

Lipstik yang saya pakai: Wardah Intense Matte Lipstick dalam shade 'Miss Terracota'

Karena mata saya monolid dan kurang tegas jika hanya diberi eyeshadow, saya juga aplikasikan brown eyeliner di upper lashline dan setengah lower lashline, kemudian dibaurkan.

Produk lain yang dipakai di empat look ini:
- Mustika Ratu Beauty Queen Foundation (Matte Finish) 'Nude Beige'
- Mizzu Brow Wow 'Dark Shade'
- Emina Top Secret Brow Powder
- Wet 'n Wild Hello Halo Highlighter 'Goddess Glow'
- Wet 'n Wild Baked Blush 'Don't Flutter Yourself' (Limited edition)
- Catrice Pret-a-Volume Smokey Waterproof Mascara

Semoga postingan ini bermanfaat sesuai judulnya, DIY Inspo. Siapa tahu saja saat ini kamu sedang mencari inspirasi makeup untuk jadi bridesmaid, atau ke pesta dengan tema tertentu, atau bahkan untuk wisuda, dan skintone kita tidak jauh berbeda (meski saya rasa semua skintone bisa mencoba look-look ini), kamu bisa coba salah satu dari empat look. Harap maklum jika postingan pertama yang membahas full makeup ini saya masih banyak kurangnya. Oh ya, kira-kira yang mana yang jadi favorit kamu? Coba kasih tahu di kolom komentar, ya ^^

Tidak menutup kemungkinan bahwa ini bukanlah postingan terakhir tentang makeup. Ke depannya, saya mau coba isi blog ini dengan tema makeup yang DIY-ish, jadi doakan saja agar semua ide-ide postingan saya bisa terwujudkan segera :D Selamat mencoba look-nya, semoga berhasil...? Hehe.

No comments:

Post a Comment