Saturday, February 16, 2013

Info: Friendship Bracelet

foto oleh Kembang Gula

Gelang persahabatan sepertinya bukan hal yang asing bagi para remaja, terutama SMP-SMA (iya, bukan?). Baik di luar negeri ataupun di Indonesia, biasanya anak sekolahan suka membentuk kelompok sendiri dan memiliki identitasnya masing-masing sebagai ciri khas. Gelang ini menjadi salah satunya.

Aslinya, gelang semacam ini sudah ada sejak dulu, tapi kemunculan dan penggunaannya kembali bisa dikatakan modern. Gelang ini pertama kali dilihat muncul lagi saat adanya demonstrasi di Guatemala, yang saat itu dipakai oleh para demonstran yang memprotes hilangnya orang Mayan Indian di sana. Warna-warni gelang itu sendiri memang berasal dari suku Indian di Amerika Selatan dan Tengah.

Menurut tradisi, gelang persahabatan sebetulnya dipakaikan kepada teman kita yang sedang memiliki hajat atau keinginan akan sesuatu. Kita ikatkan gelang itu di pergelangan tangannya dengan kuat, dan tidak boleh dilepas sampai gelang itu rusak dan akhirnya lepas sendiri. Konon, saat gelangnya lepas itulah permohonannya terkabul.

Saya pertama kali tahu legenda itu dari sebuah manga berjudul Hohoemi Dormitory karya Yui Ayumi, juga di komik sepak bola tapi saya lupa judulnya. Si manajer tim itu memberikan masing-masing pemain gelang persahabatan dan mereka tidak boleh membukanya sampai jatuh sendiri. Saat itu saya berpikir, mungkin suatu saat saya juga akan membuatnya untuk seseorang, haha. Tapi saya tidak mau ia memakainya terus sampai putus.

Percaya atau tidak, itu terserah. Tapi, nampaknya semua setuju kalau gelang persahabatan yang banyak motif dan warna bisa menjadi aksesoris manis di musim panas (kalau di sini, pancaroba atau kemarau :P) dan tentunya, hadiah yang unik untuk sahabat! Membuatnya pun bikin ketagihaaan :D jadi pengisi liburan atau di sela-sela kesibukan juga oke loh! (bukti: foto di atas). Hasilnya pun cantik dan ada rasa puas tersendiri.

Untuk beragam pola dan tutorialnya, bisa dilihat di www.friendship-bracelets.net, atau situs DIY keren lainnya

Sekian info sekilas dari Kembang Gula, semoga bisa jadi inspirasi bagi yang membacanya :)

(disarikan dari: Wikipedia.org/wiki/Friendship_Bracelet)

No comments:

Post a Comment