Tuesday, February 5, 2013

DIY Notebook MatemaCinta

Semester baru sudah tiba! Apa yang kita butuhkan? Sebuah buku catatan! Yah, dalam kasus saya sih, soalnya saya tergolong orang yang malas mencatat atau sekalinya bikin catatan, biasanya dalam bentuk gambar (yang ujung-ujungnya malah bikin lineart, bukan concept map).

Mungkin saja, dengan membuat notebook sendiri, catatan saya akan lebih banyak. Kali ini, saya ambil tema cinta dan matematika karena sesungguhnya saya paling nggak suka sama pelajaran itu (maaf ya, bagi kalian yang suka... no offense, kok). Sudah begitu, banyak kertas bekas materi dan milimeter blok yang sudah tidak terpakai. Daripada dirobek nggak jelas karena marah, mungkin ada baiknya mencoba berbaikan dengan membuatnya terlihat lebih apik. Semoga.

Alat dan Bahan:
Kertas milimeter blok (bisa dibeli di fotokopian, ada yang ukuran A3 macam gini)
Kertas Asturo warna merah (yang digulung)
Lem
Gunting
Staples/Hekter/Jepretan

Tadinya saya mau pakai benang rajut sebagai pembatas buku, tapi tidak jadi. Kalau berkenan, silakan pakai saja.

Cara membuat:
1. Gunting kertas milimeter blok menjadi 4 bagian, kemudian lipat jadi dua. Bikin sebanyak lembar yang kamu mau.
2. Gunting kertas Asturo sebagai sampul, lebih besar sedikit dari ukuran kertas milimeter blok. Lipat jadi dua juga.
3. Letakkan lembaran kertas milimeter blok di atas kertas Asturo, kemudian satukan mereka menggunakan staples, atau hekter, atau jepretan, tepat di lipatan atau bagian tengah.

4. Siapkan kertas bekas materi matematika untuk dijadikan hiasan sampul. Gunting kertas matematika secara acak, tapi jangan sampai terbawa emosi.
5. Tempelkan pada sampul buku. Makin berantakan makin artistik (haha).
6. Hasil jadi bagian belakang buku. Lakukan hal yang sama pada sampul bagian depan.

7. Sekarang buat lambang 8-bit heart-nya. Potong kertas milimeter blok mengikuti ukuran aslinya (yang bergaris tebal) jadi tidak usah menggunakan penggaris lagi.
8. Gambar pola hati dengan acuan kotak-kotak kecil di kertas. Buat dengan tanda silang seperti pola hati di kruistik, lalu gunting bagian pinggir kotaknya sehingga berbentuk hati gaya piksel. Tempelkan pada kertas Asturo lalu gunting menyerupai pola yang sudah dibuat tadi.
9. Tempelkan kertas Asturo yang sudah dipotong di sampul depan notebook.


Selesai! Ukuran saku :)

Buat yang sedang bingung mencari kado, mungkin notebook ini bisa jadi pilihan. Bukannya justru lebih berkesan kalau hadiahnya buatan sendiri? ;)

No comments:

Post a Comment