Thursday, October 2, 2014

Review: P.S.- I made this... Blog

Hola! Seperti yang pernah saya bilang, saya akan menulis review. Kali ini sebuah blog inspirasi saya ber-DIY. Mungkin, dengan meresensi sedikit tentangnya, inspirasi yang saya dapat dari sana juga bisa tertular ke para pembaca postingan ini ;)

Daaan... blog yang akan kita simak di sini adalah...

Klik di sini untuk ke lamannya

Oh, ya. Semua foto di sini hasil print screen ya, dan keindahan yang akan kamu lihat nanti murni hasil karya owner-nya, Erica. Yuk, kita mulai.

Satu kata yang mencerminkan blog ini menurut saya adalah: catchy. Catchy namanya, catchy tampilannya, catchy fiturnya, dan yang paling esensial, catchy foto-fotonya! Dari laman awal saja kita sudah disuguhi pemandangan yang bikin tangan gatal. Perpaduan warnanya apik, terlihat sekali kalau pemilik blog ini begitu skillful dalam urusan DIY blog.

Tampilan Homepage
Selain DIY standar, ada juga video untuk step-by-step lebih jelas dan favorit saya... Craft Math!

P.S.- I made this... memiliki beberapa fitur yang semuanya berkaitan dengan craft dan DIY yang tergolong lengkap, mulai dari aksesoris, fashion, sampai kue!
 
Menu DIY P.S.- I made this... di laman utama

Cantik banget, kan? Dari awal saja sudah bikin kita nge-klik. Beberapa keunggulan lain dari situs ini adalah bagaimana semuanya terlihat mudah. Erica menulis tahap demi tahap dengan rumus Verb 1 + IT yang kalau di-Bahasakan kira-kira menjadi cuma ditambah imbuhan -kan. Ini contohnya:

Lihat? Cuma tiga tahap!

Dengan menulis segalanya ditambah It, menurut saya itu brilian karena membuat yang membacanya jadi terpacu untuk mempraktikkan dan bilang 'Hah? Gini doang?'. Saya pun termasuk yang terprovokasi dengan 'kemudahan' cara yang ditawarkan blog ini. Alhasil, buat kita-kita yang baru ingin coba-coba DIY-an, bisa ambil referensinya dari sini.

Memang terlihat gampang banget, kan? Nah, ternyata ada yang bikin lebih mudah lagi: fitur baru bernama Craft Math. Sesuai namanya, DIY ini ibaratnya tinggal 'tambah-tambahin' saja. Biasanya tediri dari tiga alat atau bahan dengan hasil jadi yang cukup singkat. Contohnya seperti ini:

Mirip CaraCepat di blog ini, tapi tetap ada bedanya, kan? :D

Dan hmmm... ini yang membedakannya dengan blog sejenis. Sebelum masuk cara membuat, ada satu ilustrasi hasil photo editing yang kece berat bertema benda yang akan di-DIY, entah itu inspirasinya --banyak replika di sini--atau pelengkap. Malah terkadang, kita bisa terinspirasi dengan foto-foto itu saja. Perpaduan warna dan komposisinya terlihat jelas hasil buatan profesional. Semuanya indah.

Preview isi blog. Melihatnya bikin bilang, 'Mau coba semuanyaaa!'

Meskipun begitu, tentu saja masih ada sedikit kekurangan di blog ini. Pertama, blog ini berbasis di Amerika Serikat, dan otomatis beberapa bahan, alat, serta aplikasi penunjang lain hanya tersedia di sana (atau toko online yang hanya melayani pengiriman di Amerika). Selain itu, dibutuhkan skill 'nyeni' seperti melukis yang cukup agar hasilnya bisa mirip seperti di gambar, terutama di DIY yang memerlukan gambar dan cat. Dan satu lagi: walaupun dibuat terlihat mudah, ada beberapa yang nyatanya memiliki tingkat kesukaran tinggi, sampai dibuat videonya agar lebih jelas. Jadi, siapkan alat-bahan yang bagus dan perkirakan waktu serta usaha yang bakal dipakai untuk membuat DIY itu sebelum betul-betul mencobanya.

Ya! Segitu dulu dari kolom review. Kalau ada yang punya rekomendasi lain untuk blog DIY, silakan komentar di postingan ini, ya! Kalau bisa, yang berbahasa Indonesia. Ciao!

No comments:

Post a Comment