Sunday, April 20, 2014

Apple Cake and Tea Jelly


It's really been a long time! Terima kasih kepada semua yang sudah mampir ke sini. Saya tahu saya masih belajar banyak soal DIY, dan masih kepingin kabur dari kenyataan dengannya (apalagi di zaman hectic begini!) jadi, saya usahakan semampu saya untuk terus menulis di sini :)

Oh ya, kenapa kali ini tidak ada kata DIY di judulnya? Karena memang cuma galeri, tanpa cara membuat dan bahan-bahan, hehe. Menjelang akhir tahun kemarin, saya jadi lebih suka membuat DIY makanan (yay dessert!) yang memang dari dulu saya sukai. Bahkan, saya ingat banget, dulu sempat iseng jualan makanan buatan sendiri yang syukurnya diminati. Sayang, empat tahun belakangan ini, kegiatan itu terhenti. Jadilah begitu ada kesempatan, saya tanpa ragu langsung bikin!

ini penampakan dari samping... saya seperti masih bisa mencium aromanya yang memang wangi banget! :D

Senang banget rasanya begitu lihat kue ini berhasil dipanggang dengan baik. Teksturnya yang nggak begitu lembut, remahnya yang sayang banget dibiarkan, dan perpaduan apel dengan kayumanisnya bikin nagih. Satu lagi, bagian terbaiknya: mengenyangkan! Kue memang semestinya bikin kenyang.

Membuatnya juga relatif mudah karena tidak perlu pakai mixer. Tapi memang sedikit capek, sih. Cuma semua itu benar-benar terbayar di akhir. Rasanya homey dan manis.

Sekadar info; apple cake ini salah satu kue tradisional dari Eropa, terutama Jerman dan Inggris. Saya tipe yang suka sama kue yang punya kesan hangat dan sederhana. Kue ini, bisa dibilang, gue banget. Sebelumnya saya juga senang bikin banana bread dan brownies. Suatu saat kalau ada kesempatan lagi, pasti saya buat!

Selain apple cake, saya juga sempat membuat tea jelly--yang gampangnya kebangetan. Bahannya teh hitam, air, jeli rasa plain, gula--sedikit saja, karena selain selera saya juga agar lebih mengeluarkan rasa tehnya--dan vla jika suka. Ditambah lemon juga bisa.

 Ini salah satu langkah cara membuatnya. Wangi teh di mana-mana :)


Berikutnya, saya pikir saya akan bikin segmen baru--review. Resensi tentang apa pun yang berhubungan dengan DIY, baik itu bahan, buku DIY, blog sejenis, sampai tempat rekomendasi. Biar makin banyak postingannya :D Semoga bisa terus konsisten berkarya.

Sampai jumpa di ranah kreatif selanjutnya!

2 comments: